Senin, 25 Januari 2010

Softwere GPS

Anda butuh GPS..tapi blm mampu beli alatnya?? Saya punya tips untuk mengakalinya hehehe.. Caranya cukup pake software GPS saja bos, syaratnya anda harus punya laptop atau pc (untuk menjalankan programnya tentunya hehehe). Selain utk map, mapsource ini juga bisa untuk mengukur jarak dan nge-route jalur perjalanan. Berikut langkah-langkahnya..

1. Download dahulu aplikasi Garmin Mapsource disini dan IndonesiaMap disini.

2. Install Mapsourcenya. Untuk nginstall Mapsource pertama-tama pastikan ada punya Winrar di laptop, terus sebelum nginstall ekstrak dulu MapSource_***.exe-nya. Klik kanan file MapSource_6157.exe nya trus klik ekstrak. Buka folder hasil ekstraksi dan jalanin terlebih dahulu file “MAIN.msi”. Setelah ngejalanin file ini baru jalanin Mapsource_***.exe-nya dan IndonesiaMap. Setelah terinstall, jalanin deh Mapsource =D

3. Konfigurasi rute. Sebagai contoh,disini mencoba untuk mencari jalan dari Alam Sutera ke Depok..

a)Atur dulu option-option yang relevan, Klik Edit ->Preferences -> Unit. Ganti option yang ada sesuai kebutuhan.

b)Klik Edit -> Preferences -> Routing. Atur seusia kebutuhan. Misalkan kita mengendarai motor, maka setting seperti dibawah

c)Untuk mensimulasikan macetnya kota Jakarta di pagi dan sore hari, kita coba atur driving speednya jadi 20 km/jam.

d)Klik Find -> Find Places. Di Tab feature, set Place Category = All Point of Interest. Set Name = Makro Alam Sutera. Klik Find, dan klik dua kali hasil yang muncul. Akan muncul daerah tersebut di layar. Pilih waypoint tool dan klik daerah Makro Alam Sutera. Akan muncul kotak dialog penamaan. Buat namanya sesuai kebutuhan.

e)Ulangi langkah d untuk buat waypoint di Margo City Square. Klik Find -> Find Places. Di Tab feature, set Place Category = All Point of Interest. Set Name = Margo City Square. Klik Find, dan klik dua kali hasil yang muncul. Akan muncul daerah tersebut di layar. Pilih waypoint tool dan klik Margo City Square.

f)Di bagian sebelah kiri, pilih tab Waypoints(2). Select Makro Alam Sutera dan Margo City Square. Klik kanan. Pilih Create Routes, Using Selected Waypoints. Terus di Window yang muncul pilih recalculate.

g)Nah rute efektif dari Margo City Square ke Makro Alam Sutera telah jadi. Untuk detail yang lebih spesifik bisa lihat di directions.

h)Untuk melihat rute keseluruhan di satu layar, klik tab routes dan klik kanan route yang ada -> show selected route on map.

0 komentar:

Posting Komentar