Senin, 01 Maret 2010

Eka Julianta: Dokter dengan Rasa Kemanusiaan Tinggi

Tak hanya berprestasi secara internasional, Eka juga dikenal dengan rasa kemanusiaannya yang tinggi. Hal ini diakui Andy F. Noya, host untuk acara Kick Andy di Metro TV yang memoderasi peluncuran buku biografi Eka Julianta berjudul Tinta Emas di Kanvas Dunia.

"Dokter Eka tak segan untuk menolong pasien yang segera ditolong tanpa peduli mampu membayar atau tidak", ujar Andy saat diskusi di Gramedia Matraman, Jakarta, Rabu (25/02/2010).

Namun, Eka mengakui, semua tindakannya didasarkan pada penalaran saja. "Bagaimana bila saya berada dalam posisi pasien yang sedang membutuhkan pertolongan? Atau bagaimana seandainya jika saya menjadi anggota keluarga dari pasien yang sedang membutuhkan pertolongan? Hal inilah yang akhirnya membuat saya membantu mereka yang kesulitan", ujar Eka.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan alasan lain mengapa ia sering menolong orang yang tidak mampu secara keuangan. "Apakah saya pantas menolak pasien hanya karena alasan uang? Tentu tidak," lanjutnya.

Selain memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, Eka Julianta juga dikenal memiliki rasa kebangsaan yang besar. "Ketika orang lain menggunakan jas dan dasi saat presentasi di luar negeri, dokter Eka justru menggunakan batik. Ini yang harus kita banggakan", ujar Pitan Daslani, penulis Tinta Emas di Kanvas Dunia, seusai peluncuran bukunya Gramedia Matraman.

Eka Julianta juga telah memperoleh penghargaan Karya Bhakti Husada Artala dari Menteri Kesehatan pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional di tahun 2008.

0 komentar:

Posting Komentar