Senin, 01 Februari 2010

Infinia, LED LCD TV yang Bisa Menangkap Siaran Digital

LG akhirnya mengeluarkan LED LCD TV di Indonesia. Meski terbilang telat dibanding para pesaingnya, raksasa asal Korea ini rupanya coba mengakali dengan menambahkan suatu inovasi baru di perangkatnya tersebut. Yaitu membuatnya mampu menangkap siaran digital.

SL90, demikian nama produk tersebut, dilengkapi built-in tuner yang bertindak sebagai penangkap siaran TV digital. Tuner ini terintegrasi langsung di dalam set sirkuit LCD TV.

"Tanpa adanya perantara perangkat lain, kualitas penangkapan sinyal video dan audio jadi lebih sempurna," ujar Halim Astono, General Manager Marketing PT LG Electronics Indonesia.

Hal ini menurutnya akan berbeda bila konsumen menggunakan set top box sebagai perangkat perantara penangkap siaran digital. Pasalnya, penggunaan kabel dalam dekoder dapat menghalangi lintas sinyal yang masuk dalam sirkuit TV. Akibatnya, sinyal diklaim tak dapat tertangkap 100%.

Pun demikian, SL90 yang memiliki sebutan 'Infinia' ini juga bersifat hybrid. Maksudnya dapat juga menangkap siaran analog. Jadi, selama proses migrasi dari sistem analog ke digital, penonton yang tidak dapat menangkap siaran digital tetap dapat menikmati siaran analog deperti biasa.

LG menggunakan 248 LED backlight yang menghasilkan Dynamic Contrast Ratio hingga 3.000.000:1, sehingga diklaim akan menghasilkan warna hitam yang benar-benar hitam, bukan hitam abu-abu.

Dibandingkan TV LCD biasa, menggunakan teknologi LED memiliki sejumlah kelebihan karena ia mengkonsumsi energi lebih sedikit. Perbedaanya bahkan bisa sampai 80% lebih irit. Memang, layar tampilan LED adalah layar kristal cair yang sama digunakan di LCD TV lainnya.

Namun perbedaan utama keduanya terletak pada teknik backlighting yang digunakan, yang mengubah karakteristik kualitas gambar secara dramatis.

0 komentar:

Poskan Komentar