Sabtu, 26 Desember 2009

Sapsan, Kereta Api Tercepat Pertama di Rusia


Rusia tak ingin ketinggalan untuk berlomba dalam persaingan teknologi. Baru-baru ini Rusia meluncurkan kereta api tercepat pertamanya, Sapsan.

Seperti diberitakan Xinhua, Jumat (18/12/2009), Sapsan mulai beroperasi untuk rute Moskow menju St. Petersburg. Kereta api tersebut mampu melaju hingga kecepatan 155 mil per jam atau 250 km per jam atau.

Dengan kecepatan tersebut maka rute Moskow-St. petersburgh yang berjarak sekira 626 km ditempuh Sapsan hanya dalam waktu tiga jam 45 menit.

Namun, Sapsan bukanlah kereta api tercepat di dunia. Untuk Urusan adu cepat teknologi kereta api, Jepang masih mendominasi. Pada tahun 1964, Jepang meluncurkan Tokaido Shinkansen yang mengejutkan dunia. Shinkanzhen yang melayani ruteTokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka mampu menembus kecepatan 201 km per jam.

Selain Shinkhanzen, Jepang juga memiliki JR-Maglev MLX01. Kereta jenis superconducting magnetic levitation train (maglev) yang dalam uji cobanya bisa mencapai kecepatan 581 km/jam.

Tak hanya Jepang, China juga memiliki kereta api maglev, Shangai Maglev Train yang diluncurkan tahun 2004. Kereta yang menggunakan teknologi dari Jerman, itu mampu berlari dengan kecepatan 430 km per jam.

Di Eropa sendiri, kereta api tercepat dimiliki oleh Perancis, dengan kereta Train a Grande Vitesse (TGV). Kereta yang dikembangkan oleh Alstom SA memecahkan rekor kecepatan 515 km/jam untuk kereta dengan roda konvensional.

0 komentar:

Posting Komentar